Connect with us

Uncategorized

Bagaimana Membangun Aplikasi Seluler dengan Chatbots

Istilah ‘ChatBot’ bukanlah hal baru. Tetapi kata itu baru dalam skenario pemasaran digital. Chatbot atau chat-bot adalah program komputer yang melakukan percakapan melalui pesan teks, pesan audio, atau di situs web media sosial seperti Facebook Messenger, Slack, Whatsapp, Instagram.

Ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang profesor bahasa Inggris pada tahun 1960 dan diberi nama ‘ELIZA’, yang merupakan singkatan dari “Agen Interaktif Linguistik Elektronik”. Namun baru kemudian pada 1980-an ketika teknologi ini mulai meningkat.

ChatBot yang diprogram dengan Artificial Intelligence (AI) juga dapat disebut sebagai bot Natural Language Processing (NLP). Bot ini dibuat agar mereka dapat mengenali pola ucapan manusia dan menggunakannya untuk memberikan informasi atau membangun pengalaman yang dipersonalisasi untuk merek Anda.

Apa Keuntungan Memiliki Antarmuka Percakapan di Aplikasi Anda?

Antarmuka percakapan menawarkan pengguna pengalaman yang lebih nyaman dan pribadi dalam mengambil layanan. Ini juga menghemat waktu pengguna dalam jangka panjang.

Dalam beberapa tahun terakhir, chatbots telah berkembang dari salah satu situs web menjengkelkan yang harus Anda gunakan untuk bertualang dengan karakter fiksi Anda, menjadi lebih interaktif dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan antarmuka percakapan, pengguna dapat menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk menciptakan pengalaman pribadi mereka sendiri. Sangat mudah bagi pengguna untuk terlibat dengan aplikasi tanpa memiliki pengetahuan tentang pemrograman atau pengkodean karena mereka dapat mengandalkan fitur asisten suara bawaan perangkat Android atau iPhone mereka.

Jenis Percakapan yang Dapat Anda Lakukan dengan Antarmuka Percakapan Aplikasi Anda

Jenis percakapan chatbot bervariasi berdasarkan jenis percakapan yang ingin Anda lakukan. Misalnya, jika Anda ingin berbicara tentang kehidupan dan karier Anda, Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada chatbot Anda tentang mengapa ini terjadi atau bagaimana hal itu mungkin terjadi.

Contoh lain dari jenis percakapan chatbot adalah ketika chatbot Anda mengajukan pertanyaan tentang hal-hal apa yang ingin Anda lakukan di waktu luang Anda.

Bot Terbaik untuk Aplikasi Seluler & Fiturnya

Bot terbaik untuk aplikasi seluler adalah yang membantu pengguna aplikasi dengan berbagai tugas. Banyak dari mereka dapat memberikan FAQ, memberikan pemberitahuan atau bahkan memungkinkan Anda untuk mencari informasi.

Berikut adalah daftar 5 bot teratas untuk aplikasi seluler:

1. Bot Percakapan – Bot terbaik untuk aplikasi seluler yang memberikan tanggapan instan dari merek, layanan, dan mitra atas pertanyaan Anda.

2. ChatBot – Chatbot menciptakan percakapan digital antara Anda dan merek atau layanan. Ini dapat digunakan oleh bisnis sebagai alat layanan pelanggan, oleh merek untuk terlibat dengan audiens mereka, dan oleh otoritas publik sebagai sumber informasi selama peristiwa darurat atau situasi krisis.

3. Bot FAQ – Bot FAQ sangat membantu dalam memberikan jawaban atas pertanyaan umum yang diajukan tentang produk atau layanan yang disediakan oleh suatu perusahaan.

Praktik Terbaik Saat Menggunakan Bot di Aplikasi Seluler Anda

Aplikasi seluler telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Mereka telah mengubah cara kita berkomunikasi satu sama lain, cara kita bekerja, dan bahkan cara kita berbelanja. Tetapi karena aplikasi seluler ini terus tumbuh dalam popularitas, begitu juga tantangan yang mereka berikan untuk pengembang aplikasi.

Beberapa masalah paling umum yang dihadapi pengembang aplikasi adalah pembuatan dan keterlibatan konten. Pengguna aplikasi seluler menginginkan konten yang lebih menarik dari aplikasi mereka dan mereka menginginkannya lebih cepat dari sebelumnya. Jadi apa yang dapat dilakukan pengembang aplikasi untuk mempercepat proses ini? Salah satu cara mereka dapat melakukan ini adalah dengan menggunakan bot sebagai jenis perangkat lunak cerdas yang membuat konten untuk mereka berdasarkan apa yang dilakukan pengguna mereka secara real time atau pada jadwal yang ditentukan.

Kesimpulan

Aplikasi seluler ada di mana-mana, dan dapat dibangun di chatbots untuk menyediakan layanan terintegrasi bagi pelanggan.

Masa depan aplikasi seluler akan dibangun di atas chatbot sehingga bisnis dapat menjangkau audiens target mereka dengan cara yang lebih hemat biaya.

Karena semakin mudah bagi konsumen untuk membangun aplikasi mereka sendiri, pengembang harus mencari cara lain untuk menjangkau audiens mereka. Dengan cara ini, mereka dapat menghindari biaya tinggi untuk mengembangkan aplikasi sekaligus memperluas audiens mereka.